Quality Management System ISO 9001

Quality Management System ISO 9001

Sebagian besar standar internasional dimulai dengan huruf "ISO", akronim untuk "International Organization for Standardization." Seluruh federasi internasional dari 110 badan standar nasional ini bekerja untuk mempromosikan pertumbuhan manufaktur, perdagangan dan komunikasi di antara operasi bisnis di seluruh dunia, melalui pengembangan standar kualitas generik.

 

Apa itu ISO 9001?

Standar yang paling banyak dikenal adalah ISO 9001, sistem manajemen mutu dasar yang dapat digunakan di industri dengan berbagai ukuran, dimanapun di dunia. Pendaftaran ke ISO 9001 (atau standar kualitas / manajemen lainnya) memberikan bukti yang obyektif bahwa bisnis telah menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif, dan memenuhi semua persyaratan standar yang berlaku. Seorang ahli eksternal yang tidak memihak yang disebut petugas registrasi atau CB (Lembaga Sertifikasi) melakukan audit di tempat untuk menentukan apakah suatu perusahaan sesuai dengan standar atau tidak. Jika ditemukan sesuai, mereka akan mengeluarkan sertifikat yang menunjukkan alamat, ruang lingkup operasi dan segel badan akreditasi yang memberi legitimasi kepada registrar.

Revisi terbaru standar ISO 9001 dirilis pada bulan September 2015.

Revisi ISO 9001

ISO 9001 adalah salah satu standar yang paling dikenal dengan lebih dari 1,1 juta sertifikat yang diterbitkan secara global. Revisi tersebut memastikan standar terus membantu organisasi merampingkan proses manajemen mereka, menjaga efisiensi dan meningkatkan produktivitas.