Health and Safety Management System ISO 18001

Health and Safety Management System ISO 18001

 

Standar OHSAS 18001 (mungkin juga keliru disebut sebagai ISO 18001) diterima secara internasional sebagai metode untuk menilai dan mengaudit sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Dikembangkan oleh badan-badan perdagangan dan standar internasional terkemuka, ini menyediakan kerangka bagi organisasi untuk menerapkan pengelolaan kesehatan dan keselamatan yang tepat dan efektif di tempat kerja.

 

 

Dengan memiliki sistem manajemen yang jelas untuk mengidentifikasi dan mengendalikan risiko kesehatan dan keselamatan kerja, organisasi dapat meminimalkan risiko terhadap tenaga kerja dan pengunjung mereka atau kontraktor eksternal di tempat mereka. Standar ini akan memungkinkan organisasi untuk menerapkan proses untuk terus-menerus meninjau dan memperbaiki kesehatan dan keselamatan kerja.

Spesifikasi yang akan dinilai oleh sertifikasi OHSAS

  1. Sistem manajemen di tempat
  2. Perencanaan dan penilaian resiko
  3. Pelatihan dan kesadaran karyawan
  4. Komunikasi sistem manajemen keselamatan
  5. Respon terhadap situasi darurat
  6. Pemantauan dan perbaikan terus menerus


Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan

 

Untuk mencapai sistem manajemen kesehatan dan keselamatan terstruktur di seluruh organisasi akan menunjukkan komitmen Anda terhadap kesejahteraan staf dan pihak luar Anda. Ini akan menyediakan kerangka kerja untuk menerapkan persyaratan OHSAS 18001 dan sebuah proses untuk perbaikan terus-menerus. Pengembangan sistem yang kuat dan mudah dikelola akan memberi manfaat bagi organisasi dan tenaga kerjanya. Penghematan biaya dan pengurangan kecelakaan hanyalah dua dari sekian banyak manfaat.

 

Untuk Siapa OHSAS?

OHSAS 18001 cocok untuk semua jenis organisasi yang ingin menjadi lebih efisien dalam mengelola dan mengurangi kecelakaan di tempat kerja. Dengan menyiapkan sistem yang dinilai oleh badan sertifikasi pihak ketiga, organisasi akan membuktikan kepada staf, pemasok, dan pelanggan mereka bahwa mereka benar-benar memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja. Akreditasi OHSAS 18001 menyediakan kerangka kerja untuk membantu organisasi memenuhi kewajiban hukum mereka terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja di tempat kerja.

Audit dapat dilakukan oleh sejumlah lembaga sertifikasi, namun penting untuk dicatat bahwa tidak semua organisasi audit diakreditasi oleh UKAS. Jika Anda tidak menggunakan auditor terakreditasi UKAS, sertifikasi Anda bisa jadi tidak berharga.