IT Security Management ISO 27001

Standar tersebut sebelumnya dikenal sebagai BS 7799 dan ISO 17799 dan standar ISO 27001 (ISMS) diterbitkan pada tahun 2005 dan diluncurkan kembali pada tahun 2013. ISO 27001 adalah British Standard for Information Security Management System (ISMS). Ini adalah satu-satunya (ISMS) yang dapat diaudit sesuai standar internasional.

 

Informasi sangat penting bagi setiap organisasi dan standar tersebut menyediakan metode pemantau, pemantauan dan pengelolaan informasi dan data yang dapat diaudit. Hilangnya data dan informasi dalam bentuk apapun dapat, paling tidak, akan merepotkan sebuah organisasi, paling buruk hal itu dapat menyebabkan keruntuhannya.

 

Bagaimana sertifikasi ISO 27001 membantu organisasi saya?

ISO 27001 cocok untuk semua organisasi di seluruh dunia, besar atau kecil dan di semua sektor bisnis. Dengan menerapkan sistem yang kuat untuk mengelola informasi dalam suatu organisasi, Anda akan melindungi aset informasi untuk memastikan kelangsungan bisnis jika terjadi kerusakan atau kerugian.

Kerugian atau kerusakan dapat disebabkan oleh bencana alam seperti kebakaran atau banjir, kehilangan kecelakaan atau salah urus, data yang rusak atau dicuri, dampak dari kerugian ini dapat menimbulkan konsekuensi bencana bagi organisasi. Data dapat berupa Informasi yang diorganisir atau dimiliki organisasi. Data ini dapat disimpan secara elektronik, informasi dikirimkan melalui pos atau email, data tercetak atau informasi yang dimiliki individu dalam organisasi.

Dengan menerapkan ISO 27001 sebuah organisasi akan mengidentifikasi jenis informasi yang ada dalam organisasi dan menentukan risiko dan ancaman. Sistem, kontrol dan prosedur kemudian dapat ditetapkan untuk meminimalkan risiko.


ISO 27001 menyediakan sistem untuk pemantauan dan pemeliharaan:

  1. Kerahasiaan Informasi

  2. Tersedianya Informasi

  3. Akurasi Informasi

Organisasi yang menangani informasi atas nama orang lain dapat memperoleh manfaat yang besar dari sertifikasi karena mereka dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki proses untuk terus memantau dan melindungi data pihak ketiga. Mendapatkan sertifikasi ISO 27001 akan memberi kepercayaan kepada pelanggan Anda akan pengetahuan bahwa risiko keamanan telah dinilai dan diminimalkan dan Anda memiliki sistem untuk melindungi dan memulihkan informasi dengan cepat jika ada kerugian.

 

 

Proses perbaikan dan penilaian berkelanjutan akan memberi organisasi Anda alat manajemen yang diperlukan untuk memantau dan meningkatkan keamanan informasi Anda.